Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Selasa, 19 Februari 2013

Menjaga Hubungan

Seperti biasa kalau saya dan Upit jarang bertemu, maka kami selalu mengusahakan untuk bertemu karena banyak hal yang ingin kami ceritakan.  Cerita kami sih sebenarnya tidak terlalu istimewa, kalau orang Jawa bilang ngalor ngidul bedanya kami punya juntrungannya....hehehehe

Di Titik Nol kembali kami bertemu dan disitulah Upit mulai mengungkapkan tema besar dalam obrolan kami malam itu yaitu SEMUA HUBUNGAN ITU HARUS MAINTAIN.  Saya kaget juga kok Upit mengangkat tema seperti itu, karena saya sendiri bukan orang yang me-maintain sebuah hubungan.  Bahkan saya jarang berkunjung ke rumah kerabat saya kecuali jika ada peristiwa besar.

Argumen Upit tentang me-maintain semua hubungan itu ada benarnya dan masuk ke akal saya.  Dalam hubungan pertemanan pun kita juga harus memaintain.  Ada hubungan timbal balik, ada hubungan saling membutuhkan dan saling merindukan.  Itu bukan berarti kita posesif tetapi kita melancarkan komunikasi kita.  Dari komunikasi yang baik dan dua arah, kita akan menciptakan ikatan emosional yang kuat. 

Sering kan kita mendengar suami istri bercerai karena salah satu pihak merasa sudah tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan pihak yang lain.  Disitulah pentingnya komunikasi untuk melepaskan perasaan, mengeluarkan pendapat dan menguatkan ikatan batin kedua belah pihak. 

Banyak yang berpendapat komunikasi tidak terlalu penting untuk me-maintain sebuah hubungan jikan hubungan itu sudah kuat.  Komunikasi itu bukan hanya verbal, tetapi ada juga non-verbal.  Komunikasi non-verbal ini lah yang suka disalahartikan sebagai "Ikatan Batin Yang Kuat".  Bagi saya kita bisa mengerti komunikasi non-verbal jika kita punya waktu untuk me-maintain hubungan kita dengan komunikasi verbal.  Gimana kita bisa tahu gerakan tubuh bertopang dagu dan mata berkedip-kedip berarti tertarik atau sudah capek mendengarkan ocehan gak jelas jika kita jarang bertemu dengan orang tersebut?

Yah akhirnya saya setuju dengan Upit bahwa me-maintain hubungan itu penting, baik hubungan pertemanan, pacar, boss dan anak buah , suami istri dan orang tua - anak.  Dan saya rasa, saya juga ingin meningkatkan hubungan saya dengan Tuhan......hehehehehehehehehehe........


2 komentar:

pramono mengatakan...

Bahasa singkatnya. Menyambung silaturahim. Seperti kita sahabat lama, budyy diving keren tulisanmu +9

Unknown mengatakan...

@Pramono yup seperti itulah kita...:D

Cari Blog Ini