Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Rabu, 15 Juni 2011

Olah Raga Yang Paling Ramah Untuk Orang Gemuk Adalah Jalan Kaki



Sudah hampir sebulanan saya punya rutinitas baru yaitu olah raga jalan kaki.  Olah raga ini saya lakukan karena saya merasa terlalu gemuk dan saya suka kehabisan napas jika naik tangga.  Ditambah lagi saya juga sering merasa kelelahan jika sedang shooting.

Akhirnya saya mantapkan hati saya untuk berolah raga.  Olah raga yang paling aman adalah jalan kaki.  Sayangnya saya sudah sekali untuk menentukan waktu yang tepat untuk menjalankannya.  Akhirnya saya nekad bangun pukul 04.30 (subuh) lalu saya jalan kaki selama 1 jam.  Sampai sekarang walaupun suka kebablasan, namun saya tetap mengusahakan untuk jalan kaki sengantuk apapun yang saya rasakan.

Menurut sebuah video kesehatan yang saya tonton, ditambah dengan artikel-artikel kesehatan yang ada di majalah, jalan kaki adalah olah raga termudah sekaligus efektif untuk menurunkan berat badan dan kardio, sekaligus juga minim resiko cidera.  Jalan kaki amat disarankan bagi penderita obesitas karena efek tekanan pada lutut tidak sekeras dan seberat ketika berlari.

Namun olah raga jalan kaki juga harus dilakukan dengan tepat agar hasil yang ingin didapatkan maksimal.
  1. Pertama pergunakan lah pakaian yang nyaman.  Kalau saya, saya menggunak T-shirt dan celana olah raga.  Sebenarnya menggunakan jenis baju apapun tak masalah asal nyaman.
  2. Pakailah sepatu olah raga yang nyaman.  Kalau saya saya akan memilih dengan sepatu yang punya bagian tumit lembut, karena sebagai oran yang terkena obesitas daerah tumit saya amat rentan pada cidera.  Saya sarankan jangan berjalan kaki tanpa alas kaki apapun yang terjadi.  Pertama tumit kita butuh support agar tidak cidera, kedua kaki anda sakit walaupun menurut beberapa sumber mengatakan anda bisa pijat refleksi secara gratis, namun rasa sakit membuat anda memperlambat jalan anda sehingga efek kardionya berkurang, ketiga kerikil dapat masuk ke dalam kaki anda seperti yang dialami adik saya.  Untuk mengeluarkannya, adik saya harus dioperasi.  Keempat bagi perempuan, jalan kaki tanpa alas kaki membuat kaki anda akan mudah kapalan dan itu artinya tidak sedap dipandang mata.
  3. Pakailah kaos kaki yang nyaman.  Kaos kaki berguna untuk mengurangi gesekan, menyerap keringat dan memberikan rasa empuk di kaki.
  4. Lakukan lah jalan kaki dengan perut kosong, sehingga lemak yang akan terbakar bukan gula.
  5. Lakukan peregangan, khususnya bagian betis dan paha anda.
  6. Melangkah lah dengan tumit terlebih dahulu lalu gelinding telapak kaki menuju jari kaki.  
  7. Ayunlah tangan sehingga membuat anda mempercepat langkah anda, sekaligus juga mengolahragakan tangan anda.
  8. Jalan kaki disini bukan jalan kaki santai seperti ketika anda sedang menikmati pemandangan, namun jalan kaki ketika anda hampir ketinggalan bis yang akan mengantar anda ke kantor.
  9. Jalan kaki minimal selama 1 jam, atau ada beranggapan 10000 langkah.  Kalau saya, saya berjalan kaki selama 1 jam, karena saya tidak punya alat untuk menghitung langkah.
  10. Lakukan lah minimal seminggu 3 kali.  Untuk hasil yang efektif setiap hari.
Sampai saat ini memang berat badan saya belum berkurang secara signifikan, namun ketika shooting saya jadi tidak mudah lelah.  Dan yang lebih menyenangkannya ketika saya naik tangga, saya tidak ngos-ngosan.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini