Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Minggu, 12 Juni 2011

TIPS BERENANG YANG AMAN DAN NYAMAN


Saya sering kali melihat perempuan niatnya pergi berenang, akhirnya mentok cuma ngobrol di bangku pengunjung atau di tepi kolam renang, itupun setelah berenang cuma 15 menit.  Pulangnya mereka akan mengaku habis berenang dan pastinya setelah itu kelaparan sehingga yang tadinya niat mau olah raga jadinya malah menambah berat badan.

Inilah yang kemudian menjadi rumor bahwa berenang malah membuat badan menjadi besar.  Yang benar karena tidak maksimal maka olah raganya sehingga malah membuat lapar, apalagi kalau sudah kedinginan.  Jadi tidak heran baru berenang sekali sudah naik berat badan.

Kedua, serinng juga karena tidak mau kulitnya gelap sehingga kegiatan berenang adalah kegiatan yang patut dihindari.  Padahal kalau kita mau, berenang di pagi dan malam hari bisa menjadi pilihan.  Saya sendiri memilih untuk berenang di pagi hari sehingga kulit saya tidak terlalu tepapar oleh matahari.

Ini adalah tips agar anda bisa berenang dengan nyaman.
  1. Pilihlan baju renang yang nyaman untuk anda dan sekitarnya.  Simpan dulu bikini anda jika lingkungan anda tidak terbiasa dengan bikini, jika anda nekat yang ada anda akan risih dilihatin orang begitu juga sebaliknya orang akan risih ngelihatin anda.  Juga jangan lah berenang memakai kaos dan celana panjang, ok mungkin anda seorang yang memegang ketentuan agama dengan kuat namun apa nggak repot tuh.  Sekarang juga sudah banyak dijual baju renang khusus untuk perempuan berjilbab dengan harga terjangkau.  Bahkan merk Reebok juga sudah mulai menyediakan baju renang khusus perempuan berjilbab. Selain itu perhatikan juga ukurannya, pilihlah ukuran tepat agar anda bisa berenang dengan nyaman.  Jadi jika anda membeli baju renang anda HARUS WAJIB mencobanya untuk mendapatkan ukuran yang tepat.
  2. Pakailah kacamata renang.  Mungkin anda tidak punya topi renang, tapi benda yang satu ini wajib dipunyain dan tentu saja harus dipakai bukan hanya menjadi hiasan kepala.  Kondisi kolam renang di Indonesia (kecuali anda berenang di hotel) amat memprihatinkan dengan kandungan klorit tinggi.  Dengan kacamata renang, maka mata anda dapat terlindungi dari air kolam renang dan dapat melihat di air lebih jelas.  Atur lah karet pada kacamata renang anda agar tepat untuk ukuran kepala anda.
  3. Topi renang, barang satu ini adalah pilihan.  Bagi yang rambutnya mengganggu ketika berenang seperti saya, barang ini wajib saya punya.  
  4. Pilihlah waktu berenang yang tepat.  Di beberapa kolam renang memperlakukan hari khusu Perempuan, pergunakanlah waktu ini jika anda merasa tidak nyaman dengan kolam renang campuran.  Begitu juga jika anda takut terbakar sinar matahari maka waktu padi dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk anda.  Kalau saya lebih memilih pagi hari, pertama karena sinar matahari belum ganas kedua karena pengunjungnya sedikit sehingga bisa berenang dengan puas apalagi saya adalah tipe perenang yang ingin mencapai target 1000 m - 2000 m setiap kali saya berenang. 
  5. Jika anda memang berniat olah raga selalu pilih bagian tengah kolam renang.  Karena bagian itu biasanya sepi sehingga berenang anda tidak terganggu dengan orang lain.  Kecuali anda berenang dengan anak-anak daerah tepi kolam adalah daerah anda.  Berenanglah dengan mengikuti garis yang ada di dasar kolam renang, maka anda akan berenang lurus.
  6. Pakailah selalu suncream dan atau sunblock.  Gak mau kan kulit anda terbakar??  Sebaiknya pakai 15 menit sebelum berenang.  Kalau saya menggunakan suncream dari The Body Shop untuk wajah sedangkan untuk badan saya menggunakan Nivea 30 SPF.
  7. Berenanglah selama 1 jam non stop.  Jika anda ingin istirahat atau sekedar ngobrol dengan teman anda.  Anda bisa memegang tepian kolam renang dan gerakan kaki anda seperti gerakan gaya bebas.  Bergeraklah mulai dari pangkal paha bukan lutut dengan begini anda akan tetap bergerak. Kalau saya memilih berenang kurang lebih 1000m - 2000m, kalau sudah mencapai jarak 1000m biasanya nafsu makan saya berkurang dan otot perut saya jadi kencang, hasilnya perut saya jadi sedikit rata.
  8. Bawalah peralatan mandi.  Selesai berenang anda wajib mandi untuk membilas kaporit dan kotoran yang ada di kolam renang.  Dulu saya ikut club renang karena rumah saya dekat dari kolam renang saya jarang membilas badan saya, karena saya memilih mandi di rumah.Tak lama kemudian saya terkena jamur di daerah ketiak saya.  Gatalnya minta ampun dan sampai sekarang bekasnya tidak hilang....iiiiiiiiiiiihhhhhhhhh.........selain itu juga bawalah shampoo dengan kualitas baik, saya menggunakan Pantene.  Semakin cepat anda membilas rambut anda semakin anda membuat rambut terbebas dari kaporit yang bisa menyebabkan rambut kering dan kaku.
  9. Bawalah kantong plastik untuk menaruh baju renang, kacamata bahkan handuk basah anda.  Sehingga tas anda tidak basah.
  10. Bawalah baju ganti dan baju dalam ekstra.  Setelah berenang alangkah nyamannya jika anda berganti baju dengan baju yang kering, sehingga anda tidak mudah terkena flu atau kedinginan. 
Ini adalah 10 tips agar anda bisa berenang dengan nyaman dan aman, bahkan bisa membantu anda untuk melakukan olah raga renang tanpa ada alasan yang menghambatnya. 

sumber gambar : www.berita21.com

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini