Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Selasa, 10 Januari 2017

Jumpa Lagi

Jumpa Lagi 
(sambil nyanyi ala Chikita Meidy)

Akhirnya saya mau menulis blog ini lagi setelah 2 tahun saya anggurin.  Kenapa saya anggurin?  Karena saya lagi kehabisan "energi" untuk menulis.  Saya lagi sibuk sama urusan pekerjaan apalagi 2015 Masih Dunia Lain program saya saat itu lagi seru-serunya LIVE.  Jadi sebulan aja saya bisa 6 kali naik pesawat.  Setelah itu tahun 2016, saya dalam proses pencarian diri sehingga saya ingin tahu seberapa besar passion saya dalam menulis dan bekerja di dunia Broadcast.

Kenapa saya mempertanyakan passion saya?  Ini berhubungan dengan pertanyaan dari Boss saya.  Kalau boleh saya ceritakan secara singkat kenapa saya jadi mempertanyakan apa yang ingin saya lakukan dalam hidup saya.  Di perusahaan tempat saya bekerja tiap akhir menuju awal tahun selalu diadakan penilaian karyawan, disaat ini biasanya Kepala Departemen mewawancara visi dan misi setiap karyawan untuk menghadapi tahun yang baru.  Saya pun juga tak lepas dari rutinitas tiap tahun ini.



Saat itu Ka. Dept saya mempertanyakan passion saya dalam dunia Broadcast dan pandangan saya terhadap hidup saya.  Maklum saya termasuk karyawan yang stagnan dan saya selalu merasa dunia tidak adil memperlakukan saya.  Saat itu ada perkataan Ka. Dep saya yang menempel di otak saya, bahwa hidup harus dipandang positif baru akan berbalik menjadi positif.  Dan untuk mendapatkan passion itu yah harus punya antusiasme dan jangan pernah puas untuk belajar.  Selain itu bertindaklah menjadi pemimpin at least untuk diri sendiri.

Sejak pembicaraan itu banyak pertanyaan yang timbul di otak saya.  Apakah saya sepesimis itu sampai orang bisa melihat dari luar?  Wow......

Saya berusaha belajar untuk menjadi tipe orang yang memandang gelas setengah penuh yang dulunya orang yang memandang gelas setengah kosong.  Apakah mudah?  Gak mudah merubah mindset.  Bahkan ada saatnya saya marah sama keadaan bahkan menyalahkan keputusan kenapa saya bisa bertahan dalam keadaan seperti ini.  Belum lagi godaan untuk menggosip, bahkan nyumpahin atasan...wow.....gila susah banget hilang kebiasaan kayak gitu.  

Gilanya lagi setelah Masih Dunia Lain didrop, saya masuk program yang harus berhadapan langsung dengan Client.  Saya selalu merasa saya ini orang lapangan, saya kaku dan gak bisa basa basi.  Ini harus menghadapi client hampir setiap minggu.  Akhirnya saya mengikuti nasehat mama, kalau tidak ada yang harus dibicarakan lebih baik diam saja daripada salah-salah kata.

Parahnya lagi saya sempat menghilangkan hasil shooting built ini atau shooting yang disponsori client.  Walaupun atasan-atasan saya tidak marah secara harafiah tetapi saya merasa hidup karir saya sudah berakhir saat itu juga.  Saya benar-benar kacau saat itu.

Sampai enam bulan yang lalu saya menonton program KBS World, 2 Days 1 Night episode Ewha Women University.  Dalam episode setiap member memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Ewha University tentang kehidupan yah kayak program Tedx yang sering saya saksikan di youtube.

Ada beberapa poin kuliah umum itu yang membuat saya tergugah.

Yoo Siyoon (Aktor Korea yang saat itu baru keluar dari wajib militer dan karir aktingnya stagnan sedangkan aktor seangkatannya karirnya menanjak karena terlalu takut dikritik)

I regretted that avoided experiencing the ups and down, because i was scared.  Now, i want to see the beautiful scenery of the uphills and downhills myself.
Kim Jongmin (Penyanyi Korea yang selalu dianggap bodoh oleh orang Korea)
A positif/ optimist man makes an airplane while a negative/ pesimist man makes a parachute.

Kim Joonho (seorang pelawak Korea yang harus mengikuti audisi di KBS berkali-kali sehingga akhirnya bisa muncul di Gag Concert)
Thought become actions, action become habits, habits shape your personality and that becomes your fate.
Deffcon (Rapper Korea yang awal karir harus berjuang keras untuk terkenal)
Selalu bersemangat dan kadang-kadang harus sedikit "menipu" diri sendiri seakan kamu sanggup untuk melakukan segalanya.
Jun Joongyoung (Penyanyi Korea)
Mengubah sesuatu yang negatif dalam hidup menjadi sesuatu positif, seperti patah hati bisa menjadi inspirasi untuk membuat lagu.
Cha Taehyun (Aktor Korea terkenal dengan film-film box office dan drama yang selalu rating tinggi)
I think nothing really turn out how your plan for them to go.  Just do the best.  Then a good opportunity will come.
Waktu saya menonton kuliah umum mereka saya seperti disiram air dingin yang memadamkan segala api kemarahan saya.  Memang kata-kata seperti itu ribuan kali saya dengar dari motivational speech tetapi entah kenapa saat itu kata-kata mereka masuk ke dalam hati saya.  Saya mulai belajar lagi tentang ikhlas menerima apa yang terjadi dalam hidup saya.  Saya berusaha untuk sabar, untuk menarik napas sebelum mengeluarkan kata-kata jahat ketika marah.  Saya kerjakan apapun yang membuat proses pekerjaan tim bisa lebih cepat dan berakhir dengan baik.  Saya tersenyum lebih banyak dan mengeluh lebih sedikit. 

Saya mendekatkan diri kembali dengan passion saya yaitu menulis dan dunia broadcast.  Saya kembali mencoret-coret buku tulis saya.  Bersemangat ketika shooting, tersenyum ketika menghadapi client (walaupun tetap saya menghindari bicara dengan client....hehehehehe).  Saya mengikuti banyak pelatihan, workshop bahkan sosialisasi alat baru yang diadakan kantor saya.  Saya bahkan mendaftar kelas menulis skenario yang dibiayai kantor.  Saya membaca buku kembali setelah sekian lama saya merasa terlalu lelah untuk membaca.  Bahkan saya berencana traveling ke Korea agar saya bisa berkunjung ke studio KBS.  

Apakah ada hasil?  Iya, banyak sekali feedback positif yang saya dapatkan.  Ada client yang ingin bekerja sama dengan saya lagi.  Atasan memberikan apresiasi.  Teman-teman merasa aman dan nyaman bekerja sama dengan saya.  Bahkan saya mempunyai teman-teman akrab baru yang selama ini cuma kenal, sekarang jadi malah jadi teman se-gang.  Bahkan saya bersyukur ketika orang lain dapat bonus sedangkan saya gak karena saya yakin artinya saya masih mampu hidup tanpa bonus (walaupun pengen juga....hahahahahaha).  Hal-hal yang selama ini tidak saya perhatikan tetapi ketika saya memandangnya dengan pandangan positif saya merasa bahagia.

Saya masih dalam proses untuk menjadi orang yang optimis, menjadi tipe orang yang memandang dunia sebagai gelas setengah penuh.  Saya masih kok ngegosip, marah-marah dan nyumpahin orang tetapi gak sesering dulu, bahkan ketika saya mau berangkat ke kantor supir grab bikin kesal pun hanya saya ketawain....hehehehe....

Doakan saya di tahun 2017 saya menjadi orang yang lebih baik lagi yah.....AMINNNN.....









Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini