Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Selasa, 24 Mei 2011

Resep Ikan Rebus Asam Pedas

Saya termasuk perempuan dengan berat badan terlalu berlebihan.  Sejak dua hari yang lalu saya lagi melakukan program pengawasan makanan.  Jadi saya memilih untuk memakan makanan yang lebih berguna bagi saya ketimbang rasa.  Sebenarnya niat sudah ada sejak lama namun saya masih dalam tahap belajar dan berusaha, sekarang sudah waktunya saya berubah karena berat badan saya semakin naik.

Sejauh ini saya masih sehat tanpa gangguan penyakit apapun, saya juga aktif bergerark hanya saja saya "pura-pura" tidak sadar bahwa kemampuan metabolisme tubuh menusia semakin lama semakin menurun.  Jadi yah harus kita yang menyesuaikan tubuh kayaknya.

Jadi kemarin saya jadi teringat resep Ikan rebus Mama saya yang dulu sering Mama masak.  Mama berasal dari Makassar, jadi budaya kuliner mereka lebih bervariasi untuk memasak hasil laut daripada budaya kuliner Jawa, daerah asal Bapak saya.  

Namun yang saya lakukan adalah memodifikasi masakan Ikan tersebut karena sejak kecil saya tidak diajarin masak jadi saya gak tau resep sesungguhnya dari Ikan Rebus ala Mama, sehingga saya jamin memasaknya mudah dan cepat, tentu saja tidak akan menambah lemak karena tidak ada proses menggoreng.



Ikan Rebus Asam Pedas

  • Ikan Laut (Saya memilih Ikan Bawal karena murah, meriah, rasanya enak dan mudah didapat tapi anda bisa memilih apa saja)
  • Air secukupnya
  • Bawang putih
  • Asam Jawa
  • Garam
  • Gula
  • Cabe (sesuai dengan selera)
Cara Membuat
  • Masukan Ikan yang sudah dibersihkan dan disayat ke dalam panci.  Lalu isi dengan air setinggi tebal ikan.
  • Masukan asam, bawang putih yang sudah dipukul, potongan cabe, asam, gula sedikit dan garam
  • Rebus semua dengan api kecil lebih kurang 30 menit atau sampai daging ikan kelihatan putih dan lunak.
  • Hidangkan.
Mudahkan cara membuatnya.  Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan garam, jangan kebanyakan karena   Ikan laut cenderung sudah ada rasa gurihnya jadi daripada keasinan, lebih baik sedikit-sedikit dulu ngasihnya nanti dicicip kuahnya kalau kurang baru tambah lagi.  Selain itu juga kebanyakan garam juga gak baik kan.

Selamat mencoba, semoga membantu menu diet anda semua.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini