Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Rabu, 26 Oktober 2011

Chasing Che; Latin America On Motorcycle


Gustavo dan Beatrix, dua host yang membawa kita menapak tilas perjalanan Che Guevara dan Granado

Baru-baru ini saya menemukan acara TV baru yang menurut saya inspiratif banget....acara itu adalah....(suara snar drum.....taaaarrrrraaaammmmm) adalah Chasing Che; Latin America On Motorcycle yang tayang di Nat Geo Adventure.

Sesuai dengan judulnya maka program ini bersama dengan 2 host Beatrix (Bea) dan Gustavo melakukan perjalanan kelima negara yang pernah dikunjungi Ernesto "Che" Guevara dalam memornya Motorcycle Diaries.

Walaupun perjalanan ini tidak dilakukan dengan sepeda motor seperti yang dilakukan Guevara dan sahabatnya Alberto Granado, namun napak tilas yang dilakukan Bea dan Gustavo tetap begitu mendalam, sehingga membuat saya merinding dan terkadang berkaca-kaca ketika menyaksikan betapa besar seorang Che Guevara di negara-negara Amerika Latin, bahkan penduduk kota yang pernah disinggahinya amat bangga dengan jejak langkah yang ditinggalkan seorang Guevara. 

Alberto Granado (kanan) dan Ernesto Guevara (kiri) ketika meninggalkan San Pablo.


Bahkan ketika Bea dan Gustavo mengunjungi San Pablo salah satu dari 3 episode yang sempat saya saksikan, sebuah komunitas kusta di Peru dimana Guevara dan Granado menjadi sukarelawan dokter untuk merawat para penderita Kusta.  Mata pasien kusta yang pernah dirawat keduanya masih menunjukan emosi yang kuat seakan-akan baru kemarin mereka bertemu Guevara dan Granado.  

Kedua pemuda Argentina itu dikenang dengan walaupun setelah 50 tahun, karena keberanian mereka untuk merawat sekaligus juga menyetuh dan berinteraksi dengan para penderita kusta layaknya mereka manusia.  Banyak dari penderita saat itu (1952) diasingkan keluarga mereka, bahkan ada seorang tentara yang masuk San Pablo sejak tahun 1947, dan sejak itu pula dia dibuang oleh keluarganya dan tidak pernah keluar dari San Pablo.

Yang membuat merinding juga, ketika Bea dan Gustavo bertemu dengan salah seorang teman Guavara dan Granado bermain sepak bola di San Pablo.  Namanya sendiri tercantum dalam Motorcycle Diaries...saya saya lupa namanya.

Yang menarik dalam program ini bukan hanya membicarakan soal Guavara tetapi juga membahas soal politik,sosial, budaya, kesejahteraan dan budaya disetiap tempat yang dikunjungi oleh Bea dan Gustavo setelah 50 tahun kehadiran Guevara dan Granado.  Bisa dikatakan kehadiran Guevara membuka mata masyarakata di tempat-tempat tersebut untuk melakukan pembaruan walaupun pembaruan itu bisa ditafsirkan berbeda oleh setiap orang.

Semua perjalanan pasti berakhir, begitu juga napak tilas Bea dan Gustavo pun akhirnya harus berakhir di Caracas, Venezuela.  Sama dengan Guevara dan Granado, setelah perjalanan panjang tersebut keduanya memilih berpisah, Guevara kembali ke Argentina dan menjadi Che Guevara sedangkan Granado memilih untuk bekerja di Venezuela, maka Bea dan Gustavo juga berpisah di Caracas, tentu saja perjalanan ini sudah merubah keduanya.

Sebagai orang yang bekerja di televisi, saya merasa Nat Geo membuat program serius ini menjadi lebih santai ala anak muda dalam tetap mereka memberikan informasi secara serius dan mendidik.  Bahkan di kepala saya membayangkan jika kita bisa membuat napak tilas Rute Gerilya Jendral Besar Sudirman seperti itu, mungkin saja pelajara Sejarah Indonesia bisa lebih menarik kaum muda kita.

Kita juga meresapi perasaaan Guevara ketika menginjak tempat tersebut karena sering kali ditampilkan kutipan-kutipan kalimat dari Diary El Che yang ditulisnya selama perjalanan tersebut, yang kemudian diterbitkan dalam buku Motorcycle Diaries yang selama ini kita kenal.

Selain itu program ini sepertinya melakukan riset dan survey yang mendalam.  Bahkan host-nya tampak Che Guevara banget, mereka berdua begitu "masuk" ke dalam perjalanan ini.  Saya kira mereka adalah mahasiswa....maaf yah sampe saat ini saya gak punya informasi yang memadai tentang Bea dan Gustavo.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini