Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Minggu, 14 November 2010

Resep Masakan Andalan Bapak


Kebetulan orang tua saya tinggal di Kalimantan Timur. Selain karena kami sekeluarga lama tinggal di Bontang, Kalimantan timur sehingga orang tua saya sudah memiliki rumah pribadi disana, juga karena saya mempunyai dua keponakan, anak dari kakak saya, sehingga kedua orang tua saya saling bahu membahu bersama kakak dan istri untuk merawat kedua keponakan saya.

Kadang-kadang orang tua saya mengunjungi saya dan adik saya di Jakarta, karena kami sendiri baru bisa mengunjungi mereka pas Lebaran. selaian karena jatah cuti, juga karena beratnya perjalanan yang harus saya tempuh untuk pergi ke Bontang. Jadi yaaahhh biarkanlah bapak saya yang mengunjungi saya, apalagi hobi Bapak jalan-jalan dan bisa dikatakan kalau dibiarkan bisa ngalahin Trinity dan membuat buku Older Traveller.

Selain itu, Bapak saya suka masak. Keturunan dari keluarga Eyang Ti saya. Dulu waktu saya tinggal sama orang tua saya, Bapak lah yang menjadi juru masak keluarga bukan Mama. Ini karena kami tidak mempunyai pembantu, jadi Bapak urusan dapur, Mama urusan nyuci baju dan lain-lainnya. cukup adil kan? Apalagi dalam berumah tangga yang dibutuhkan bukan hanya cinta namun juga kemitraan.

Anyway busway, masakan Bapak itu enak banget. Apa aja yang dimasak dengan bumbu sederhana dan cara masak yang sederhana, semuanya enak. Ada satu resep andalan keluarga besar Bapak, yaitu Tahu Kecap. Membuatnya sederhana dan sangat ampuh untuk menghadapi "mati gaya" dalam menentukan lauk.

Resepnya sederhana banget, yang dibutuhkan adalah tahu digoreng seperti biasa, bawang merah, cabe dan kecap. Kunci dari masakan ini adalah penentuan kecapnya. Bapak saya adalah orang yang fanantik dengan kecap, jadi makan apapun harus dengan kecap. Seingat saya Bapak menggunakan Kecap ABC, Sedaaaap dan Giant (ini karena murah banget....hehehehehe).

Ok sekarang cara membuatnya, pertama tahu digoreng seperti biasa. Lalu siapkan ulekan atau mangkok, masukan kecap secukupnya, bawang merah yang sudah diiris-iris dan irisan cabe, lalu aduk hingga rasa kecap menjadi pedas, kalau pakai ulekan bisa diulek.

Lalu masukan tahu yang sudah di goreng, campurkan tahu dengan kecap. Usahakan tahu tidak hancur namun kecap dapat masuk ke dalam tahu. Daaaaaaaaaaannnnnnnnn selesai sudah. Makan dengan nasi hangat......mantab.

Selamat mencoba......


Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini