Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Sabtu, 16 Juli 2011

Jadi Production Assistant, Quality Control dan Peraturan KPI

Malam ini pukul 20.50 akhirnya saya bisa bernapas lega karena boss saya memutuskan untuk menyerahkan semua materi tayang untuk diedit oleh Quality Control kantor saya.  Sungguh menit-menit yang menegangkan ketika hampir waktu on air tetapi QC masih menelpon untuk merevisi Master On Air.  Jadilah kami para Production Assistant berjibaku untuk me-revisi walaupun itu hari Libur seperti hari ini.

Saya tahu pekerjaan Quality Control tidak mudah, karena mereka benteng terakhir setiap materi tayang yang akhirnya ditonton oleh pemirsa di rumah.  Bahkan Lembaga sebesar LSF pun tak akan mampu menyamai ketelitian dan kepatuhan mereka terhadap peraturan KPI, padahal kantor kami sudah menyetor materi tayang dan membayar untuk itu demi nomor-nomor pengesahan dari LSF.  Tetapi ternyata Lembaga milik Departemen Kominfo ini pun tak mampu "membela" kami jika KPI sudah bersabda.  Aneh gak sih??  Akhirnya kami lebih mematuhi QC kantor daripada LSF.

Orang-orang Quality Control di kantor saya tuh orang-orang yang sabar dan berhati emas.  Kalau ada masalah seringkali mereka menyelesaikan sendiri tanpa harus menelpon Production Assistant seperti kami ini.  Hanya jika ada masalah yang benar-benar mereka tidak sanggup baru menelpon kami.  Hanya saja saking mereka sangat mematuhi peraturan sering terjadi perbedaan kepentingan antara Tim Produksi dan QC.  Satunya mementingkan konten satunya lagi mementingkan jangan sampai "kena" dengan KPI....hehehehehe....yang intinya sih sama-sama demi kepentingan perusahaan.

Seperti hari ini, QC Officer sampai ninggiin suaranya gara-gara ada miskom antara saya dan rekan-rekan QC.  Lucunya mereka bicara seakan-akan saya Producer Program.....sampai berulang-ulang saya bilang ke dia "Iya saya telpon boss saya dulu, gimana keputusannya?  Saya gak bisa memutuskan kan saya bukan Producer".....eeeehhh dia gak berhenti masih terus menerangkan bahwa mereka takut "kena" KPI.....hehehehehehe....Saya langsung ngomong baik-baik dengan suara setenang mungkin (walaupun sebenarnya hampir naik juga nih darah....hehehehehhehehe) "Yah udah Mas saya kasih tau Producer saya, biar bagaimanapun dia harus tahu kan masalah ini dan saya tidak bisa memutuskan kan saya cuma Production Assistant"....akhirnya dia melunak tapi tetap dengan nada mengancam "Yah udah bilang dulu deh....tapi kami gak nerima revisi sudah mepet waktunya lagian episode ini sudah kami edit kok sudah siap tayang" Tuh kan sejutek-juteknya mereka, mereka tetap orang yang berhati emas....hehehehehehehe....tapi masih ada terusannya "Kalau sampai nanti gak ada kabarnya saya akan tayangin episode back up" tetep lho ngancem hahahahahaha, Fyi episode back up adalah episode yang sudah tayang minggu lalu dan dijadikan back up jika terjadi masalah yang tidak dapat diatasi pada episode yang mau tayang.

Beruntung kali ini, boss saya menyerahkan semuanya pada Quality Control yah walaupun kami berdua menyadari bahwa akan ada yang hilang dalam episode kali ini. Kami tidak bisa berkutik karena apa yang QC katakan memang ada benarnya.....hiks....hiks.......Jadi saya menelpon kembali ke ruangan QC untuk menyetujui segala keputusan mereka dan mereka menjawab OK....hehehehehehehehe.........

Jadi teman-teman QC kantor, maaf yah kami ini PA gak bisa memutuskan.  Kami gak bermaksud memberatkan kalian dan kalian juga gak bermaksud ngeberatin para PA, hanya saja kadang perbedaan kepentingan membuat kita jadi suka berdebat kusir yang gak jelas di telpon....hehehehehehehe......Senang bekerja dengan kalian...:D








2 komentar:

Tio mengatakan...

halooo mbak..salam kenal
saya mau nanya seputar production assistant..
ada refrensi buku tentang production assistant gk?
thanks anyway :)

Unknown mengatakan...

@Poni Pelangi

Dulu saya pernah di-donwload-in kakak saya buku Production Assistant Pocket Book....selain itu juga ada beberapa blog PA...kebanyakan sih lebih ke film tapi garis besarnya hampir sama. Coba aja di googling. Nanti kalau belum ketemu juga yah doain saya nulis buku tentang Production Assistant :D

Cari Blog Ini