Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Rabu, 06 Juli 2011

Menjadi Terkenal Dengan Lipsync


1309952182758653013
Moymoy Palaboy, duet Lipsync yang berhasil menjadi artis di Filipina
Sejak saya punya tugas untuk mencari video Lipsync dari Indonesia yang lucu, saya baru menyadari bahwa orang Indonesia banyak yang ingin eksis/ terkenal, namun sayangnya tidak didukung dengan kreatifitas dan kemampuan.  Sehingga dari 100 video lipsync yang saya lihat paling hanya 10 video lipsync yang benar-benar lucu, sedangkan yang lainnya, sedikit lucu dan maksa lucu.
Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat video Lipsync lucu, yang diperlukan adalah kreatifitas.  Jika video Briptu Norman dengan Chaiya Chaiya berhasil membuat kita tertawa (walaupun sebenarnya lebih pada faktor dia memakai seragam Brimob dan dihukum oleh atasannya) bukan berarti anda juga harus memilih lagu Chaiya Chaiya juga bahkan mengikuti semua gerakan Briptu Nurman, kecuali anda memang seorang pelawak sekaliber Sule di OVJ.  Bukannya orang lain suka melihat video anda, yang ada anda akan dicap sebagai pencontek selucu apapun anda mengikuti gerakan Briptu Nurman.
Sebenarnya semua orang bisa membuat lipsync yang lucu dan menarik.  Saya akan berikan beberapa tips lipsync yang sederhana hasil melihat ratusan video lipsync.
  1. Konsep.  Anda harus punya konsep yang jelas, mulai dari pilihan lagu sampai mau ngapain di video.  Jika anda pernah melihat lipsync Moymoy Palaboy di Youtube.  Anda bisa melihat mereka begitu rapi mengonsep lipsync yang mereka rekam.  Mulai dari pilihan lagu, sampai bagian mana yang akan di lipsync bahkan ada kelompok Dormboys, memakai kostum teater Cina ketika melakukan lipsync lagu Opera Cina.  Intinya jangan asal berdiri di depan kamera terus anda bergaya lucu.  Bahkan Sule, Andre, Parto, Azis, Nunung dan Wendy yang sudah punya pengalaman dalam dunia lawak selalu mengkonsep lawakan mereka sebelum naik panggung, apalagi anda yang belum apa-apa.  Selain itu yang wajib anda lakukan adalah menghafal lagunya, karena inti dari lipsync adalah anda mengikuti suara penyanyinya bukan hanya melihat anda joget gak jelas, jadi carilah lagu yang benar-benar anda hafal dan anda pahami.
  2. Ajaklah teman anda.  Lipsync yang dilakukan 2 orang atau lebih, memang lebih menarik.  Namun jika anda cukup percaya diri dengan kemampuan lipsync anda kenapa nggak.  Yang penting adalah anda dan teman anda tahu apa yang harus dilakukan selama lipsync.  Jangan asal joget, atau berbuat lucu (yang akhirnya jadi sama sekali tidak lucu).  Berkomitmen lah dengan pembagian yang sudah ada, jangan sampai ada teman yang tiba-tiba sok asyik sendiri sehingga merusak konsep yang sudah ada.
  3. Kamera.  Kamera apa saja sebenarnya bisa asal kualitas video yang dihasilkan tidak patah-patah dan kabur.  Jadi tidak disarankan memakai kamera HP karena biasanya kamera HP menghasilkan gambar patah-patah.  Karena kualitas gambar akan mempengaruhi kenyamanan menonton.
  4. Pencahayaan/ lighting.  Saya paling menyesal kalau melihat video lipsync lucu tapi pencahayaan kurang alias gelap.  Sampai ekspresi wajah yang melakukan lipsync tidak terlihat.  Yang harus dipahami adalah lipsync adalah video yang amat mengandalkan ekspresi wajah seseorang yang melakukannya, jadi pastikan ruangan atau tempat yang anda gunakan cukup cahaya, kalau gelap nyalakan lampu.  Kalau selesai merekam anda preview lagi jika terlihat ekspresi wajah anda tidak terlihat, pindah tempat yang pencahayaan lebih jelas.
  5. Gerakan kamera.  Sebaiknya kamera anda pantek saja tidak usah bergerak apalagi memainkan zoom in zoom out, kecuali anda seorang cameraman.  Taruh saja kamera di tripod lalu pakailah zoom out yang paling maksimal.  Hasilnya memang tidak maksimal namun paling gak penonton tidak pusing.
  6. Pakailah seragam kebesaran anda.  Jika anda tentara, polisi, guru, brimob, PNS, mahasiswa IPDN, atau apapun anda yang diharuskan memakai seragam, pakailah seragam ketika lipsync.  Karena faktor anda berseragam akan membesarkan faktor kelucuan anda, seperti Briptu Nurman.  Coba bayangkan kalau Briptu Nurman tidak memakai seragam Brimob-nya apakah dia akan seterkenal sekarang.  Saya rasa tidak, karena faktor seragam lah dia menjadi lucu.
  7. Berilah judul video anda yang bombastis dan bagi-bagikan video anda kepada orang lain.  Siapa tahu saja ada karyawan stasiun televisi melihat lipsync anda dan video anda cukup lucu untuk diangkat dalam program mereka.  Malah ada stasiun televisi yang khusus membuat program untuk mereka yang ingin eksis seperti MASUK TV Trans7.  Coba saja anda kirimkan video anda siapa tahu anda bisa jadi the next Briptu Nurman.

Semoga tips ini membantu anda yang ingin ber-lipsync ria di depan kamera.  Jika anda cukup berbakat melawak anda jadi bisa mempromosikan diri anda, yang penting adalah jangan asal eksis ah.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini