Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Minggu, 24 April 2011

BRING YOUR OWN BAG YANG MENJADI SIA-SIA


Gara-gara nonton Oprah di Metro TV, Sabtu kemarin saya belanja ke Giant , Fatmawati dengan menggunakan tas belanja sendiri yang saya beli di Supermarket yang lain.  Kebetulan saya belanja agak banyak untuk keperluan rumah, maklum saya tinggal sendiri di rumah jadi mau gak mau mulai dari obat pel, detergen sampai roti dan beras saya beli sendiri.

Saat itu saya pikir gerakan saya dengan membawa tas belanja sendiri, saya akan mengurangi setidaknya sedikit sampah plastik pembungkus.  Paling yang dibutuhkan cuma untuk memisahkan makanan dengan non-makanan.  Jadi cukup 1 kantong plastik untuk semua.  Kecil sih tapi paling gak dengan satu orang mengurangi penggunaan kantong plastik maka saya bisa membantu bumi untuk mengurangi 2 - 4 buah sampah plastik.

Kebetulan saya membeli bahan makanan seperti roti, telur dan ayam, terus saya membeli mangkok keramik, lalu Vixal, Cling, Lux dan alat pembersih toilet.  Sampai di kasir (yang kasirnya entah pergi kemana sehingga saya harus menunggu agak lama....hehehehehehe.....aneh!!!!!), barang-barang belanjaan saya dikeluarkan dari keranjang dan dihitung.  Lalu dimasukan ke dalam plastik.  Lalu saya bilang "Mbak, pake ini aja jangan banyak-banyak pake plastik" sambil menunjuk tas belanjaan yang saya bawa.
Kasirnya cuma bilang "Ya udah mbak itu untuk belanjaan yang bukan makanan".  Jadi lah mangkok keramik dimasukan plastik sendiri, telur dimasukan plastik sendiri ditambah dengan makanan dibagi dua dimasukan di plastik yang lain......sedangkan barang non-makanan dimasukan ke dalam tas belanjaan saya.  Lalu semua barang yang dimasukan ke plastik disusun lagi di tas belanjaan.  Jadi saya memakai 4 kantong plastik....jauh dai apa yang saya bayangkan sebelumnya.

Melihat itu saya bingung, saking bingungnya saya speechless.  Lha rencananya mau nyelamatin malah sama aja boong.....kayaknya Giant harus mulai mengedukasi karyawannya untuk mulai arif menanyakan pelanggannya apakah mereka ingin menggunakan kantok plastik atau tidak.  Jangan sampai kejadian, pelanggan udah punya niat baik malah gak jadi deh.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini