Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Minggu, 23 Agustus 2009

Tips buat band baru/penyanyi baru yang main di Stasiun Televisi

Selama aku kerja di Stasiun TV, sering banget aku temukan band dan atau penyanyi baru suka salah berkomunikasi dengan crew Telelvisi sehingga terjadi kesalahan seperti salah bawa alat atau alat yang diminta tidak disediakan.

Karena itu saya pengen bagi-bagi tips bagi band-band dan penyanyi baru yang akan tampil di televisi, karena terlepas kalian sudah ada ada manajer atau manajemen yang mengurus tetapi seringkali manajer atau manajemen tempat kalian bernaung juga tidak terlalu mengerti apa yang diinginkan crew televisi. Ini bukan bermaksud mendikte kalian, hanya ingin mempermudah saja urusan kalian dengan crew televisi. Dan ini saya ambil dari pengalaman saya selama mengurus band dan penyanyi yang akan tampil di stasiun televisi tempat saya bekerja.

Ok kita mulai yah.....
  1. Pastikan alat yang yang harus dibawa dengan alat yang kalian ingin disediakan oleh stasiun TV. Biasanya dari pertama pihak stasiun menghubungi manajer band, biasanya mereka sudah mengatakan konsep yang ingin dimainkan dan berapa channel yang disediakan oleh stasiun TV. Jadi sebaiknya komunikasikan dengan baik keinginan kalian juga sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Contoh kasus yang sering saya alami adalah antara manajer, sound engineer dan band sendiri tidak ada komunikasi yang jelas sehingga alat yang diminta dan dibawa suka salah. Make sure selalu soal alat termasuk soal stand keyboard, bangku drummer dan kalao perlu tanyakan juga soal stand mic (cerewet sih tapigak ada salahnya kalian memastikan hal-hal kecil tersebut) dan sebaiknya simpan nomor crew yang ditugaskan untuk mengurusi soal ini jadi kalian mudah meng-update alat-alat apa yang akan kalian bawa dan HP selalu on agar mudah dihubungi oleh crew TV. Jangan pernah takut menghubungi crew TV karena biasanya sih mereka "hidup" 24 jam. Oia, selalu siapkan channellist sesuai yang diminta oleh pihak televisi yang sudah disesuaikan dengan keinginan kalian dan pergunakan e-mail untuk mengirimnya.
  2. Jangan pernah meminta alat secara tiba-tiba apalagi di hari-H, tambah bermasalah lagi jika hanya beberapa saat sebelum shooting. Harus kalian ketahui yah jika kebanyakan stasiun TV merental peralatan mereka pada pihak vendor. Dan untuk mempersiapkan tampilnya kalian di TV, crew televisi setidaknya membutuhkan waktu 3 hari (ini tergantung dengan birokrasi masing-masing perusahaan). Jadi jika ada band atau penyanyi yang meminta peralatan tiba-tiba, jangan salahkan crew TV jika mereka tidak akan memenuhinya dan paling jelek jika marah-marah sama kalian.
  3. Jika kalian tidak PD dengan permainan atau nyanyian kalian secara LIVE, lebih baik sekali kalau kalian menggunakan sistem minus one atau playback. Asal kalian tahu yah jika kalian mainnya jelek atau suara kali fals maka kami khususnya crew audio akan bekerja keras menutupi kesalahan kalian. Belum lagi kalau taping, editor pun akan berusaha keras menutupi kesalahan kalian. Dan hal ini akan bertamabah buruk jika memang "cacat" kalian ini tidak bisa ditutupi sampai penampilan kalian di TV sudah on air. Jadi kalau kalian tahu kelemahan kalian sebaiknya kalian siapkan CD minus one atau playback kalian.
  4. Selalu periksa CD minus one atau play back yang akan kalian gunakan ketika shooting dan selalu bawa back up CD. Yang harus diperhatikan jangan sampai scratch. Pastikan juga track yang akan dimainkan. Dan yang paling penting lagi adalah SELALU MAKE SURE BAHWA CD-NYA SUDAH DIBAWA. Ada kasus dimana sebuah band datang sudah terlambat eh gak bawa CD-nya lagi padahal sudah 30 menit sebelum on air, akhirnya kami harus membuang waktu kami untuk lari ke supermarket membeli CD band tersebut. Dapat dipastikan tuh band dikutuk sama crew....hehehehe...Ada juga kejadian dimana dengan PD-nya seorang penyanyi membawa CD Minus One terus karena gak PD minta playback, masalahnya adalah CD playback dia gak bawa karena katanya tertinggal di program lain dalam satu stasiun televisi. Harap diketahui walaupun satu perusahaan dan satu gedung kami jarang bertemu dengan tim lain karena perbedaan jam kerja, jadi sangat susah mencari CD dari program lain. Jadi please selalu bawa back up CD sehingga kita semua tidak membuang waktu untuk mencari CD.
  5. Pastikan kalian on time, karena kami amat sangat membutuhkan kalian latihan. Ini amat diperlukan oleh crew audio untuk menyesuaikan suara kalian dengan musik di mixer audio. Jadi jika kalian punya kelemahan mereka sebisa mungkin menutupinya. Jika kalian terlambat dan tidak latihan, jangan salahkan crew audio jika penampilan kalian jadi jelek sekali.
  6. Pastikan durasi lagu kurang lebih 3 menit saja, kalau bisa sih kurang dari 3 menit karena itu standart durasi lagu yang dimainkan di TV. Jadi jika kalian sempat latihan maka seorang PA (producton assistant) akan menghitung durasi lagu kalian. Jika lebih akan dikurangi begitu juga sebaliknya jika kurang maka akan diminta untuk ditambah. Kalau kalian memaksa untuk memainkan lagu lebih 3 menit jangan salahkan kami jika sebagain besar lagu kalian nantinya akan dipotong bumper dan iklan.
  7. Persiapkan diri kalian untuk perubahan yang tiba-tiba. Maka itu kami selalu menuntut agar seluruh anggota band atau penyanyi siap dan berkumpul di ruang rias agar kami mudah untuk memanggil jika terjadi perubahan rundown, ini juga agar crew TV dapat mengenali kalian, jangan salah banyak crew TV tidak mengenal wajah personil band. Jangan takut jika terjadi perubahan seperti ini karena kalian akan dipandu oleh FD dan creative, Sooo be nice with them. Dan jika dipanggil untuk bersiap ke stage/set, mengacalah sebentar untuk memeriksa dandanan kalian lalu secepatnya ikuti FD, jangan sampai kalian DITUNGGU FD apalagi sampai FD berkali-kali harus memanggil dan atau mengumpulkan kalian dulu, karena FD masih ada kerjaan lain selain mengurusi kalian.
  8. Persiapkan busana panggung kalian dengan baik. Jika bisa bawalah beberapa alternatif sehingga jika terjadi apa-apa sudah ada cadangan. Namun intinya harus kalian ingat pertama adalah sesuaikan busana dengan tema dan warna yang diminta oleh creative, kedua jangan pake baju garis-garis rapat dan polkadot terlalu rapat karena akan akan membuat pusing penonton TV (efek Flicker), ketiga perhatikan kenyamanan busana kalian dan juga kesopanan (apalagi lagi musim KPI nih). Keempat kalao kalian di endorst atau mau menggunakan kaos yang ada merknya pastikan dulu ke producer, creative atau PA karena ini masalah sponsor dan kebijakan perusahaan, kalau disuruh ganti lakukan saja, jangan pernah nekat memakai baju hanya karena kalian suka. Paling menyebalkan nih kalo personil band atau penyanyi tidak siap dengan busana, karena sekali lagi membuang waktu kami untuk mencari baju buat kalian ditambah harus madu pandan lagi.
  9. Percayakan make up pada kami. Percaya deh make up yang kami pasang di muka kalian akan membuat kalian jadi bagus, karena make up yang kalian pakai sudah disesuaikan dengan lighting dan lensa kamera jadi make up itu akan membuat kalian penampilan kalian lebih baik. Jadi jangan pernah dihapus atau diganti kecuali kalau kalian punya make up artist sendiri.
  10. Jika diwawancarai oleh host program tersebut, jangan sok asyik deh. Intinya dengarkan pertanyaannya baik-baik lalu jawab dengan baik, singkat dan jelas. Kalian kan sedang memperkenalkan diri kalian ke publik jadi jangan macam-macam dulu. Kesopanan juga harus kalian perhatikan. Jangan sok asyik pake bahasa gaul semacam "Anjrit, t*i, Anjing, f*ck dan sejenisnya", yang ada kalian sudah mematikan program tersebut. Dan dapat dipastikan kalian akan lama sekali diundang lagi ke program tersebut kalau perlu diblacklist. Kalau latah ngomong jorok, bilang ke creative atau producer program tersebut kalau kalian latah ngomong jorok, memalukan sih tapi paling gak ini akan meminimalisir faktor yang akan membuat latah dan semua pihak akan menjalani shooting dengan aman.
  11. Be nice pada semua crew, baik itu audio, creative, FD sampe PA. Karena nasib kalian ada ditangan mereka. Kami pernah menghentikan kontrak seorang presenter karena dia suka mengomel pada crew wardrobe dan make up, puncaknya ketika dia terlambat dan semua crew dimarahin. Contohlah band Nidji, Peterpan, Padi dan Hello Band. Mereka band-band yang personil dan roadis-nya baik dan sopan dengan crew TV sehingga jangan heran mereka selalu "ada" di setiap stasiun TV. Intinya anggaplah mereka rekan kerja sejajar, karena mereka lah yang akan membuat kalian bagus atau jelek di layar televisi.
  12. Jika kalian malas untuk menjawab pertanyaan dari crew TV, suruhlah manajer kalian untuk menjawabnya. Sehingga kami dan kalian bisa nyaman dalam bekerja. Karena kami akan selalu bertanya nama-nama personil, judul lagu dan peciptanya. Walaupun kalian merasa band kalian sudah terkenal tapi belum tentu semua crew TV tau kalian. dan pastikan juga manajer kalian stand by di studio, jangan sampai manajer kalian malah keasyikan ngobrol, merokok atau main BB....oooiiii kalian datang untuk bekerja bukan untuk ke cafe.
Nah ini adalah tips-tips yang mudah-mudahan bisa membantu band dan penyanyi yang baru saja mau masuk televisi.

2 komentar:

Agand mengatakan...

Widiiiih mantebs negh! Btw ada krue TV ternyata... Kenalan ah kenalan, kali aja... he he he...

Salam kenal mba... Sukses kariernya.

Unknown mengatakan...

Thx yah atas commentnya...:D salam kenal juga...:D

Cari Blog Ini