Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Jumat, 10 Desember 2010

Berapa Pertanyaan Kehidupan Yang Bisa Kamu Jawa Ketika Berumur 15 Tahun???


Beberapa hari ini saya lagi suka mendengarkan lagu lama Jepang berjudul Tegami yang dinyanyikan oleh Angela Aki. Pertama kali saya dengar ketika iseng-iseng buka-buka youtube, lalu ada program Lomba Paduan Suara anak SMP yang ditayangkan di NHK, Jepang.

Saya tidak tahu apa karena paduan suaranya yang indah atau karena alunan melodi memang menyentuh sekali, saya langsung suka sama lagu itu namun saya belum tahu apa judul lagunya karena semua tertulis dalam karakter kanji. Akhirnya pelan-pelan saya dengarkan lirik pertamanya "Haike Kono Tegami", btw saya pernah belajar Bahasa Jepang sampai level 3, namun belum bisa baca Kanji baru dalam taraf baca Hiragana dan Katakana dan itupun sudah banyak lupa.

Akhirnya saya search saja di google, ternyata itu adalah lagu dari Angela Aki berjudul Tegami dan tentunya langsung mencari liriknya. Ternyata tema lagu ini sederhana bercerita tentang kegelisahan seorang remaja berumur 15 tahun. Banyak hal yang ingin ditanyakan dalam pecarian jati diri sehingga dia menulis surat untuk dirinya sendiri di masa depan, surat yang mencurahkan segala kegelisahan dirinya.

Haike Kono Tegami Doko De Nani Shite Iru No Dare Chuugo No Boku Niwa Dare Ni Mo Hanaseinai Nayami No Tane Ga Aru No Desu

Dear sir if you're reading this letter Where are you and whar are you doing? When i was 15 i couldn't talk to any one In that time I was very worry about that

Bagi saya yang sudah berkepala 3, lagu ini seperti membawa saya kembali ke masa-masa SMA. Masa-masa dimana saya merasa, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan karena hidup saya sudah seperti robot yang sudah terprogram, bangun tidur, sekolah, pulang ke rumah, les dan seterusnya. Belum lagi saya tidak bisa menjadi diri saya sendiri karena saya tidak ingin diejek oleh teman-teman saya. Ditambah orang tua saya yang "berbeda" dari orang tua teman-teman saya dan itu menjadi bahan ejekan teman-teman saya, maka saya merasa hidup saya kok menderita sekali yah. Bahkan saya punya pikiran seandainya saya lahir dari orang tua yang berbeda mungkin nasib saya tidak sejelek ini.

Haike Arigatouu Chuugo no anata nii Tsutaetai koto ga aru no desu Jibun to wa nani desu Doko e mukau beki ga Toitsuzukereba mietekuru

Dear sir thanks to your 15teen self I want to tell you about things that had happened Why do i hace to face myself? If I had come to see the issue


Pikiran-pikiran itu menghantui selama masa-masa SMA saya. Saya merasa sesak dalam menjalani kehidupan saya. Hasilnya saya selalu malu untuk mengeluarkan ide, bakat dan kemampuan saya karena saya takut orang lain akan mengejek saya.

Jika saya mendengarkan lagu itu ketika masa-masa SMA, mungkin saya sadar bahwa waktu tidak berhenti pada saat saya SMA. Di masa depan dengan berjalannya waktu kita akan menyadari bahwa semua pertanyaan mengapa hidup saya seperti ini akan terjawab walaupun jawaban itu tidak semua memuaskan namun paling tidak jawaban itu membuat saya "menerima" semua yang saya dapat dalam hidup saya termasuk juga betapa "aneh"-nya keluarga saya, karena keanehan mereka lah yang membuat saya seperti sekarang, bisa bekerja di bidang yang saya sukai dan mempunyai keahlian yang menyenangkan.

Seandainya remaja jaman sekarang dapat mendengarkan lagu-lagu seperti ini, saya rasa mereka akan terpacu semangatnya untuk menggapai masa depan yang lebih baik, karena saya percaya yang mencerahkan masa depan adalah kerja keras kita untuk mencerahkannya bukan orang lain bukan juga takdir.

Lagu Tegami, juga membuat saya menyadari bahawa waktu juga lah yang bisa menjawab sebagian besar pertanyaan diumur saya yang kelima belas. Sekali lagi memang tidak semuanyamemuaskan namun saya bersyukur saya pernah menjalani umur saya kelima belas karena the stormy seas of the youth are harsh but a boat of dreams will lead you tomorrow's dreams.

Sayangnya mereka hanya mendengarkan lagu-lagu percintaan mendayu-dayu yang seakan mengajak remaja hanya mengisi hidupnya dengan pacaran, cari pacaran terus patah hati kalau perlu menangisi kisah cinta mereka kemudian bunuh diri.....aaarrrgghhhhh........

Semua lirik lagu dari lagu Tegami oleh Angela Aki
Sumber gambar doomv.com







Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini