Majulah masuk ke dalam dunia Noni

Sebuah perjalanan hidup di pertengahan 30 tahunan...single, bahagia dan selalu mencari petualangan baru....Tinggalkan jejak anda dan ikuti jejak saya di @nonibeen

Jumat, 03 Desember 2010

Mengenal Rating dan Share

1291385792340984682

Bagi anda pemirsa setia televisi pasti kenal dengan istilah Rating dan Share sebagai “satuan” populer atau tidaknya suatu program televisi, namun apa itu rating dan share tidak semua orang mengerti atau tahu. Mungkin hanya orang-orang yang bergelut di bidang broadcast dan Tuhan yang tahu…..hehehehehehe….

Disini saya akan menerangkan sedikit tentang rating dan share. Perlu anda ketahui share dan rating memang merupakan indikasi populer atau tidaknya suatu tayangan, sehingga mempengaruhi harga jual spot iklan atau commercial break. Selain itu juga mempengaruhi harga blocking pihak sponsor.

Pertama adalah Rating. Rating adalah jumlah penonton atau pesawat televisi yang memilih channel tersebut per-seribu orang. Contohnya begini jika sebuah program berating 15 maka yang menonton program tersebut adalah 15.00 orang atau pesawat televisi.

Sedangkan Share adalah persentase orang atau pesawat televisi yang memilih untuk menonton program tertentu pada jam atau waktu tersebut. Misalnya begini jam 1 siang ada program berita A dengan share 20, program gosip B share 30 dan program sport share 50. Artinya program berita A mendapat 20 persen penonton pada jam 1 siang, Program Gosip B mendapat bagian 30 persen penonton dan Program Sport C mendapat 50 persen penonton pada jam 1 siang.

Bagaimana cara mengumpulkan datanya?? Sampai saat ini setiap stasiun TV membeli datanya dari akuntan publik AC. Nielsen. Sehingga kurang etisnya rasanya jika saya menerangkan pengumpulan data Rating dan Share karena itu wewenang dari AC. Nielsen.

Semoga bermanfaat…..:D

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini